Tip & Trik Direct Selection Tool



Jika sering menggunakan suatu sistem, kita pasti mendapatkan berbagai pengalamanan, baik yang normal atau pun yang ganjil. Anda dapat mencatat pengalaman tersebut dan menjadikannya informasi “tip dan trik” pemakaian sistem yang bersangkutan.
Demikian juga dengan “tip dan trik” sistem Adobe Illustrator yang dapat Anda ketahui ketika memakainya dalam waktu tertentu. Akan tetapi, akan lebih mudah dan cepat jika kita mempelajarinya melalui catatan pengalaman dari orang lain yang menemukannya.
Sebagai contoh, ketika kita ingin mengubah alur garis atau titik kontrol (node) suatu objek gambar. Referensi menunjuk Direct Selection Tool dan/atau Reshape Tool sebagai alat pemrosesnya.

Terdapat keganjilan ketika memakai Direct Selection Tool dan/atau Reshape Tool untuk mengatur ulang alur garis pembentuk suatu objek gambar. Kedua alat tersebut kadang kala tidak mau bekerja sebagaimana mestinya.
Untuk mengakalinya, Anda harus memilih salah satu titik kontrol (node) melalui Convert Anchor Point Tool lalu batalkan konversi titik kontrol tersebut menggunakan tombol Ctrl+Z (menu Edit submenu Undo). Setelah itu, Anda baru dapat memproses titik kontrol objek gambar tersebut melalui Reshape Tool dan/atau Direct Selection Tool .

Contoh lainnya, yaitu sistem akan mengelompokkan secara otomatis objek gambar terpilih yang diberi warna dengan menggunakan fasilitas Live Paint Bucket Tool . Agar dapat memprosesnya per objek gambar, Anda harus menguraikannya terlebih dahulu dengan menggunakan menu Object submenu Live Paint – Expand dan tombol Shift+Ctrl+G (menu Object submenu Ungroup).

(bid/berbagai sumber)
  • selengkapnya.......
  • Share on :
     
     
     

    Total Pageviews